Tuesday, June 13, 2017

Postfix RBL Mandul

Beberapa hari ini saya mulai menerima e-mail spam di inbox saya. Memang sih walau jumlahnya tidak banyak, tetap saja saya merasa tidak nyaman bahkan sekarang sudah eneg kalau melihat pengirimnya adalah Kia Group.

Seingat saya, saya sudah memasang RBL Spamhaus Zen di RBL Postfix saya (/etc/postfix/main.cf) akan tetapi saya coba test ke : nelson-sbl-test@crynwr.com kok selalu tembus inbox saya (Uh-oh, your SBL block is not working!)

Selidik punya selidik, ternyata tembusnya e-mail spam ini disebabkan oleh DNS Google yang dipergunakan sebagai resolver bagi server e-mail saya (/etc/resolv.conf)

Ya benar! DNS query ke spamhaus.org tidak akan berjalan apabila server e-mail anda menggunakan DNS Google Server sebagai resolvernya!

Sebagai solusinya, silahkan menggunakan DNS servernya OpenDNS berikut dibawah ini :

208.67.222.222 
208.67.220.220

Setelah saya aplikasikan dan coba test lagi ke nelson, yakk... kali ini e-mail spam dari nelson tereject sudah.

Jun 14 10:36:50 stallion postfix/smtpd[2355]: NOQUEUE: reject: RCPT from sbl.crynwr.com[192.203.178.107]: 454 4.7.1 Service unavailable; Client host [192.203.178.107] blocked using zen.spamhaus.org;

Hidup saya jadi tenang sekarang...

No comments:

Welcome to my blog ...

Welcome and have a nice reading ...

Comments are welcome too :-)