Tuesday, October 7, 2008

Instalasi Squid pada FreeBSD 7.0

Hayah... bolak-balik upgrade versi squid, namun aku selalu lupa parameter-parameter konfigurasinya... and aku selalu tidak sempat mendokumentasikan parameter tersebut.

Oke lah, udah saatnya aku luangkan waktu dikit untuk mendokumentasikan keperluanku ini.

Ini lho aku tuh mau nginstall SQUID Proxy Server di FreeBSD 7.0. Benernya ada cara yang mudah (melalui ports di FreeBSD) namun aku lebih suka memilih cara yang agak ribet dalam hal instalasi squid ini. Maklum, dulu belajar pertama kali install squid di mesin FreeBSD juga pakai cara seperti ini :

1. Download source code dalam bentuk tarrball (.tar.gz) dari : http://www.squid-cache.org

2. Extract pake perintah : tar -zxvf

3. Compile dengan menggunakan perintah :

./configure --enable-icmp --enable-delay-pools --enable-kill-parent-hack --enable-arp-acl --enable-ssl --enable-default-err-language="English" --enable-err-languages="English" --enable-auth="basic" --enable-basic-auth-helpers="NCSA" --with-openssl

Hasilnya : SQUID dengan kemampuan DELAY POOL, ACL berdasarkan ARP, gak makan harddisk banyak (karena error language cuman English) dan ... dilengkapi dengan login authentication.

4. Kalo udah diconfigure, silahkan di compile dengan perintah : make

5. Jika proses make berhasil, maka sudah saatnya diinstall : make install

6. Setelah install, silahkan buat cache directorynya dengan perintah : /usr/local/squid/sbin/squid -z

Selesai deh ...

Kalau kurang jelas, silahkan bertanya ... ^^

No comments:

Welcome to my blog ...

Welcome and have a nice reading ...

Comments are welcome too :-)