Wednesday, October 15, 2008

Menginstall PHP 5 pada FreeBSD 6.2

Seperti nasi yang hambar apabila tidak disertai dengan lauknya, demikian juga web server Apache. Akan hambar apabila tidak disertai dengan module PHP.

Ok, disini saya akan mencoba menceritakan sedikit kronologi atas kejadian yang barusan saya alami. Saya hendak menginstall PHP 5 pada server saya, dan hasilnya berjalan dengan sukses :D

Berikut langkah-langkah yang sudah saya tempuh :

1. Saya download tar ball terbaru dari situs : http://www.php.net dari komputer Windows XP. Maklum, komputer kerja saya masih pakai Windows XP. Lebih familiar :D Trus saya upload ke server, folder /home/admin pakai WinSCP.
2. Masuk melalui putty ke folder /home/admin tersebut, kemudian lakukan ekstraksi file dengan perintah : tar -zxvf
3. cd
4. Lakukan konfigurasi terhadap module sebelum kita compile. Konfigurasi yang saat ini saya pergunakan adalah : ./configure --with-apxs2=/usr/local/apache2/bin/apxs --with-mysql=/usr/local/mysql --with-zlib --with-gd --with-mysqli=/usr/local/mysql/bin/mysql_config
Sebenarnya masih banyak opsi yang lain yang mungkin berguna namun tidak saya pergunakan karena saya masih belum tahu opsi apa saja :p
5. Saatnya mengcompile, ini adalah proses yang paling saya suka sekaligus menegangkan. Karena bisa jadi saat mengcompile, ada library yang kurang sehingga error dah...
6. Ketik : make untuk memulai proses compile atas konfigurasi yang sudah kita tetapkan tadi.
7. Yup. Proses compilasi berjalan dengan sukses. Saatnya menginstall...
8. Ketik : make install
9. Restart server dengan perintah : shutdown -r now
10. Selesai. PHP running dengan baik. Test saja coba, dengan phpinfo()

Good Luck !

No comments:

Welcome to my blog ...

Welcome and have a nice reading ...

Comments are welcome too :-)