Tuesday, March 24, 2015

Auto Discovery Pada Aplikasi E-Mail

Pernahkah anda mengamati ketika hendak menambahkan sebuah account e-mail domain milik perusahaan anda aplikasi anda melakukan pencarian (auto-config-discovery) terhadap settingan e-mail server yang paling pas dan bisa dijalankan ?

Bagi yang belum tahu, proses tersebut ternyata mencari settingan yang ada di server web kita dan settingan ini tidak tercipta dengan sendirinya. Harus kita buat sendiri. Silahkan anda ikuti petunjuk yang saya jabarkan dibawah untuk membuat e-mail auto config discovery program aplikasi e-mail dapat dengan mudah menemukan settingan yang pas untuk e-mail server kita serta mempercepat waktu pencarian settingan ini.

1. Buat sebuah file dengan nama : config-v1.1.xml dengan isi sebagai berikut :


<clientConfig version="1.1">
<emailProvider id="domainanda.com">
<domain>domainanda.com</domain>
<displayName>MAIL SERVER DOMAINANDA.COM</displayName>
<displayShortName>MAIL</displayShortName>
<incomingServer type="pop3">
<hostname>mail.domainanda.com</hostname>
<port>995</port>
<socketType>SSL</socketType>
<username>%EMAILADDRESS%</username>
<authentication>password-cleartext</authentication>
</incomingServer>
<incomingServer type="imap"><hostname>mail.domainanda.com</hostname><port>993</port><socketType>SSL</socketType><username>%EMAILADDRESS%</username><authentication>password-cleartext</authentication></incomingServer><outgoingServer type="smtp"><hostname>mail.domainanda.com</hostname><port>465</port><socketType>SSL</socketType><username>%EMAILADDRESS%</username><authentication>password-cleartext</authentication></outgoingServer></emailProvider><webMail><loginPage url="http://mail.domainanda.com"/><loginPageInfo url="http://mail.domainanda.com/"><username>%EMAILADDRESS%</username><usernameField id="username"/><passwordField id="passwd"/><loginButton id=".save"/></loginPageInfo></webMail></clientConfig>

2. Simpan file tersebut di folder root html dari web server anda dengan mengikuti aturan path sebagai berikut : public_html/.well-known/autoconfig/mail (semisal web servernya adalah menggunakan Apache)

3. Selesai

Selamat mencoba

No comments:

Welcome to my blog ...

Welcome and have a nice reading ...

Comments are welcome too :-)