Monday, February 23, 2015

Langkah Aman Menghapus VirtFS pada cPanel Server

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan apakah account client anda masih menggunakan JailShell sebagai shell defaultnya.

# grep username /etc/passwd

Jika masih menggunakan JailShell, anda perlu menggantinya ke Bash atau shell yang lain. Cara mengganti ke shell Bash adalah sebagai berikut :


# usermod -s /bin/bash username
Sekarang, anda perlu cek apakah user tersebut menjalankan JailShell di dalam crontabnya :


# crontab -l -u username
Jika anda melihat ada baris seperti ini : SHELL="/usr/local/cpanel/bin/jailshell", maka anda perlu mengedit crontab user tersebut dan menghapus baris tersebut.


# crontab -e -u username
OK. Sekarang anda yakin bahwa user tersebut telah memiliki shell default yang baru dan di dalam cron jobs dia tidak akan ada lagi jobs yang dijalankan di dalam JailShell. Sebelum kita berlanjut ke tahapan berikutnya, anda perlu memastikan apakah user tersebut saat ini sudah login ke dalam JailShell dan masih login di dalamnya


# w | grep -i username
Jika anda melihat user tersebut masih login, maka anda perlu memberitahu user tersebut supaya segera logout atau jika permintaan anda diabaikan, anda dapat memaksa user tersebut untuk logout dari shell dengan menggunakan perintah ini :

# skill -KILL -t pts/###

Perhatikan bahwa ### harus diganti dengan nomor pts user yang bersangkutan

Sekarang, anda dapat melakukan unmount terhadap semua mount VirtFS yang aktif dengan menggunakan perintah berikut dibawah ini :



# /scripts/clear_orphaned_virtfs_mounts --clearall
Jangan kuatir, procedur unmount VirtFS bukanlah prosedur yang tidak bisa dikembalikan lagi. Jika user tersebut login kembali ke server dan masih terdapat JailShell sebagai shell default dia, atau jika cron job dia (dengan JailShell telah diset) dijalankan, maka JailShell akan secara otomatis melakukan mount ulang terhadap VirtFS. Inilah alasan sebenarnya kenapa anda mengikuti tahapan-tahapan yang telah saya kemukakan diatas sejauh ini.

Jika script cPanel bekerja dengan baik, maka VirtFS untuk user anda akan di-unmount. Periksa sekali lagi apakah sudah berhasil di-unmount dengan menggunakan perintah ini :


# grep -i username /proc/mounts

Jika perintah diatas tidak memunculkan hasil apa-apa, maka anda dapat melanjutkan ke tahapan akhir berikut dibawah ini. Perhatikan bahwa meskipun anda telah melakukan unmount terhadap VirtFS, masih ada beberapa file dan direktori di dalam /home/virtfs/username. Hal ini normal dan tidak menjadi masalah. Akan tetapi untuk memastikan bahwa tidak ada mount yang masih aktif maupun hardlink yang membandel dan masih terikat, maka kita bisa menggunakan perintah find dibawah ini :


# find /home/virtfs/username/ -type f -links +1 -ls

Dan yang kita harapkan setelah menjalankan perintah tersebut adalah tidak ada hasil apa-apa. Yang berarti sudah aman, tidak ada hard link yang masih terikat dengan salah satu file di dalam /home/virtfs/username tersebut. Maka langkah terakhir, anda dapat menghapus seluruh folder /home/virtfs/username dengan menggunakan perintah :

# rm -rfv /home/virtfs/username

 
 

No comments:

Welcome to my blog ...

Welcome and have a nice reading ...

Comments are welcome too :-)